MENANGANI KELUHAN TAMU
(GUEST COMPLAINT)
Beberapa tipe keluhan yang dihadapi tamu saat menginap di sebuah
hotel dan cara menangani keluhannya.
1. Pada saat tamu check-in kamar
yang dipesan tidak sesuai dengan yang dipesan sebelumnya yaitu 2 kamar connecting
namun pada saat check-in yang diberikan 2 kamar yang berhadapan dan keluhan
tamu tidak ditanggapi dengan baik oleh manager. Permasalahan tersebut termasuk
dalam service releated problem dan
staff/attitudinal komplain.
2. Pada saat tamu check-in kamar
yang dipesan mengalami kebanjiran air hujan dan kurang mendapat perlakuan yang
baik. Permasalahan tersebut termasuk dalam fasilitas/ mechanical komplain dan
staff/attitudinal.
3. Pada saat tamu check-in kamar
yang dipesan bermasalah yaitu AC berisik dan sheet/sprei yang digunakan tidak
bersih. Kemudian hotel memberikan solusi dengan mengganti kamar baru namun
tamun tetap komplain karena kamar tetap tidak lebih baik dari sebelumnya.
Permasalahn tersebut termasuk dalam service
releated problem, staff/ attitudinal
dan fasilitas/mechanical komplain.
Penanganan keluhan
1. Meminta maaf atas
ketidaknyamanan tamu selama berada di hotel.
2.
Membuat daftar keluhan tamu, setelah itu dimasukkan dalam guest history record.
3. Mengulang kembali keluhan
tamu bertujuan untuk memperjelas keluhan dan meminimalisir kesalahan pahaman
antara petugas dan pelanggan.
4. Memberitahukan rencana
tindakan yang akan diambil kepada pelanggan.
5. Memberi kesempatan kepada
tamu bahwa kita siap menindaklanjuti permintaannya/meminta kejelasan dari atasan.
6. Menyelesaikan keluhan dengan
pintar, cepat dan tepat
7. Ucapkan terimakasih kepada
tamu karena kritik membangun yang telah diberikan.
8. Meminta maaf sekali lagi
dengan menjanjikan kepada tamu bahwa semua keluhan yang telah dialami tidak
akan terulang lagi. Dengan cara memperbaiki fasilitas yang rusak yang ada
meningkatkan kinerja dan pelayanan prima.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar