Sabtu, 30 Januari 2016

Cara Menangani Tamu Check-In Walk In Guest



Cara Menangani tamu check-in Walk      -In Guest

Langkah-Langkah Menyambut Tamu Walk-In Guest
1)   Sikap petugas dalam keadaan siap menerima tamu.
2)   Menyapa tamu saat menghampiri counter.
3)      Tanyakan kepada tamu apakah tela membuat reservasi sebelumnya.
4) Tanyakan kepada tamu keingian dan kebutuhan yang diperlukan selama menginap di Hotel.
5)    Mengecek kamar yang diperlukan tamu pada room rack.
6)       Tawarkan kamar sesuai dengan yang diinginkan tamu, dan jelaskan pula fasilitas dan harga kamar secara lengkap.
7)       Tanyakan dengan jelas nama tamu untuk kejelasan dalam pengucapan.
8)    Mintalah tamu untuk mengisi formulir registration form.
9)    Tentukan kamar sesuai keinginan tamu.
10)      Selanjutnya petugas mengisi kolom nomor kamar, jumlah orang,tax & service, harga kamar dan inisial petugas.
11) Tanyakan metode pembayaran yang digunakan dan permintaan khusus selama mengina di Hotel.
12)  Cek ulang apakah kamar sudah siap digunakan.
13)      Berikan informasi mengenai fasilitas dan produk hotel yang tersedia.
14)      Bacakan dan jelaskan kartu tamu (guest card) keada tamu tentang informasi yang terdapat didalamnya adalah guest name, room number, arrival and departure date, room rate, guest signature.
15)      Panggilah bellboy untuk mengantar tamu ke kamar serahkan kartu dan kunci kamar ke bellboy.
16)  Mengucakan salam istirahat sebagai akhir registrasi.
17)      Setelah tamu menuju ke kamar, selanjutnya petugas mengisi dan melengkapi formulir kedatangan, daftar A, guest bill, dan Room rack slip.

1 komentar: